Rabu, 07 Oktober 2015

Tugas 1 - Pengantar Telematikax

   


Pertanyaan :

  1. Jelaskan menurut pendapat masing - masing tentang faktor faktor yang mempengaruhi layanan telematika yang dapat dengan mudah di akses!
  2. Bagaimana peranan telematika di berbagai bidang? Berikan contoh layanan pada bidang pendidikan!
  3. Hal - hal apa saja yang harus di perhatikan untuk mengurangi dampak negatif dari Telematika, Jelaskan!
  4. Apa fungsi telematika?

Jawaban :
Jelaskan menurut pendapat masing - masing tentang faktor faktor yang mempengaruhi layanan telematikadapat dengan mudah di akses!

  • Faktor Layanan Komunikasi, di Negara Indonesia semakin mengalami perbaikan dari segi layanan dan Tarif yang di tawarkan oleh setiap provider yang berada dibawah rata rata dari segi kecepatan dan layanan, di banding negara lain.
  • Faktor Keamanan, Belum lama ini terjadi aksi sadap anatar pemerintahan Australi dan Indonesia yang berhasil menembus pertahanan telekomunikasi kepala negara Indonesia, hal ini sangat mengkhawatirkan karena sebegitu mudahnya pertahanan negara dapat ditembus oleh negara lain, 
  • Faktor Wilayah, cukup mempengaruhi layanan Telematika untuk semakin mudah di akses, contohnya, bandingkan saja untuk akses layanan di Kota Jakarta dengan di Papua, jelas perbedaannya (dari kecepatan dan juga tarif yang di tentukan oleh Provider atau Penyedia Layanan Jasa), hal ini di karenakan wilayah Terindah di Indonesia (Papua) itu masih sulit untuk dijangkau dan sulit untuk diakses.
  • Faktor pengguna (User), jika semakin mengerti usernya, semakin mudah (harusnya) untuk menikmati Layanan Maksimal dari Telematika tersebut, dan jika usernya kurang memajami maka sulitnya juga untuk menikmati layanan tersebut.


Bagaimana peranan telematika di berbagai bidang? Berikan contoh layanan pada bidang pendidikan!

  • Telematika sangat berperan penting di dunia modern saat ini. Di bidang pendidikan, telematika dapat mempermudah para siswa untuk memdapatkan materi-materi yang dipergunakan untuk belajar. Mahasiswa pun dapat saling bertukan pikiran dan pendapat walaupun tidak berada di tempat yang sama. Selain itu, dengan layanan telematika, mahasiswa maupun pengajar dapat dengan mudah mencari dan melihat informasi mengenai aktivitas-aktivitas akademik yang mereka jalani.
  • Contoh, mahasiswa gunadarma dapat mencari materi perkuliahan dari Universitas Gunadarma Open Courseware (ocw.gunadarma.ac.id). bahan kuliah juga bisa di dapat dari staffsite dosen pengajar yang juga menampilkan profil dari dosen yang bersangkutan. Untuk layanan informasi akademik, universitas gunadarma menyediakan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (baak.gunadarma.ac.id) untuk informasi perkuliahan yang umum, serta menyediakan studentsite (studentsite.gunadarma.ac.id) untuk informasi mahasiswa secara individu. Universitas Gunadarma juga menyediakan virtual class yang memberikan akses belajar-mengajar secara online, yang juga mewadahi interaksi intelektual antar mahasiswa

Hal - hal apa saja yang harus di perhatikan untuk mengurangi dampak negatif dari Telematika, Jelaskan!


  • Hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika adalah dengan menggunakan Teknologi Informasi sesuai dengan kebutuhan jangan lakukan hal-hal yang tidak terlalu penting seperti bermain game karena hal tersebut akan menyebabkan kecanduan lalu cara lainnya adalah dengan memblokir halaman-halaman yang tidak bersifat edukatif dan yang terakhir adalah tidak menggunakan Teknologi Informasi untuk berbuat kejahatan dan membuat kebijakan seperti aturan dari penggunaan akses Teknologi Informasi sesuai hokum yang berlaku di kementrian komunikasi dan informatika.

Apa fungsi telematika?

  • Penyampai informasi. Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
  • Sarana Kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan; keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar